PT Makassar Tene

PT Makassar Tene, produsen gula rafinasi di Sulsel tahun ini akan mengurangi jumlah karyawan. Pengurangan karyawan ini karena perusahaan ini mendapat sanksi pembatasan produksi dari Kemendag.

Pengurangan karyawan tersebut telah dilakukan sejak awal tahun ini.“Kami terpaksa mengurangi sebagian tenaga kerja, karena raw sugar atau gula mentah yang dijadikan bahan dasar untuk produksi tidak memadai dengan jumlah tenaga kerja 1.000-an orang lebih. Daripada perusahaan merugi karena membayar upah besar, lebih baik diefisiensikan dahulu,” ujar Direktur Utama PT MakassarTene Abuan Halim di Makassar,kemarin.

Pengurangan tenaga kerja dilakukan Makassar Tene, karena kuota impor raw sugar tahun ini dikurangi sekitar 60% dari kuota yang didapatkan Makassar Tene tahun lalu.Tahun lalu, perusahaan ini mendapatkan kuota impor raw sugar 330.000 ton,namun tahun ini Kemendag hanya memberikan kuota 150.000 ton. Menurut Abuan Halim,jika tidak ada perubahan kuota,sekitar dua atau tiga bulan mendatang, Makassar Tene tidak akan berproduksi lagi. Sehingga manajemen akan melakukan pengurangan karyawan besar- besaran.

“Dari hitungan kami, dengan jatah 150.000 ton raw sugar,produksi sudah tidak ada saat memasuki Agustus. Jika hal itu terjadi, karyawan akan berkurang drastis. Walau sanksi dari pemerintah hanya berlaku tahun ini,tetapi berpengaruh pada produksi,” kata dia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel